kecil si, tapi…

apa yang kamu lakukan saat melihat sesuatu menghjalangi jalan?

berdasarkan survey dan pengamatan yang asma’ lakukan sendiri dengan penuh kesadaran tanpa perwakilan dan pemaksaan dari pihak manapun, sebagian besar orang akan memilih memilih jalan menyelamatkan diri dengan menghindari penghalang tersebut. Apalagi kalo kita bukan lagi jalan melainkan naik motor, plus buru-buru. ga’ kepikiran deh buat mikirin keselamatan orang lain dengan turun sesaat trus menyingkirkan penghalang tersebut, baru deh melanjutkan perjalanan.

menyingkirkan gangguan di jalan emang hal kecil, kecil banget bahkan. tapi, kecil-kecil gitu bisa bikin kita masuk surha lho…

Rosululloh SAW bersabda : “Ada seseorang yang berjalan dan ia terganggu sepotong dahan yang menghalanginya. Kemudian ia berkata, ‘Demi Alloh, saya akan menyingkirkan dahan ini dari jalan, agar tidak mengganggu kaum muslimin yang lewat’. Karena perbuatannya itu, ia pun masuk surga” (HR. Muslim).

subhanalloh, sungguh Alloh hanya menghendaki kebaiakan bagi hambaNya, sampai menyingkirkan gangguan di jalan pun ia ganjar dengan surga…. adakah balasan yang lebih baik?

“Iman itu ada 70 cabang lebih, paling tingginya adalah ucapan laa ilaaha illallah dan paling rendahnya adalah menyingkirkan gangguan di jalan, dan sifat malu merupakan cabang dari iman”.
(terjemah Hadits Riwayat Imam Muslim no.35,58)

so… jangan pernah meremehkan gangguan di jalan, karena ia bukan sekedar gangguan, tapi aset kita untuk bersenang-senang di surga. terlebih lagi, ia adalah cabang keimanan yang paling rendah. Kalo cabang iman yang tyerendah aja kita ga punya, bagaimana dengan cabang-cabang yang lebih tinggi ???

jika kita belum bisa melakukan ibadah-ibadah besar dan berat untuk mencapai surga, maka lakukanlah amal-amal kecil, karena kita tidak pernah tau, balasan apa yang Alloh siapkan untuk kita di akhirat kelak. Mungkin menurut kita hanya sebuah hal kecil dan sepele, tapi ternyata begitu besar di mata Alloh. Jangan lupa ikhlas pastinya…

Tinggalkan komentar